skip to Main Content
Pahami Alur Dan Proses Dalam Import Barang

Pahami Alur Dan Proses Dalam Import Barang

Dengan keberadaan jasa ekspedisi yang siap melayani impor barang dari China ke Indonesia, kini proses mengirim barang dari negara tersebut tidak lagi terasa sulit. Bahkan meskipun Anda adalah seorang pemula yang belum pernah mengimpor barang sebelumnya, namun cukup dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan jasa ekspedisi yang Anda gunakan, Anda tidak perlu lagi melewati serangkaian proses yang rumit dan memusingkan saat mengirim barang dari China.

Jika Anda berencana untuk membuka bisnis impor dan membutuhkan ekspedisi yang menyediakan jasa impor dari China ke Indonesia, berikut prosedur penting mengenai proses pengiriman barang yang perlu Anda tahu.

1. Sebelum mengirimkan barang ke Indonesia, tentunya Anda harus sudah memiliki kesepakatan terlebih dahulu dengan supplier dari China yang akan menyediakan stok barang yang Anda butuhkan. Kemudian Anda bisa melakukan konsultasi dengan pihak ekspedisi mengenai proses pengiriman barang.

2. Anda dapat bertanya mengenai transportasi apa yang akan digunakan, berapa biaya yang dibutuhkan, serta berapa lama estimasi barang akan tiba di Indonesia. Pada proses ini, Anda juga diperbolehkan untuk bertanya mengenai hal-hal seputar ekspedisi yang masih membuat Anda bingung.

3. Jika Anda adalah seorang pemula yang belum pernah mengimpor barang dari China dan ingin mengimpor barang dalam jumlah sedikit, disarankan untuk memilih jasa ekspedisi yang menyediakan jalur LCL laut. LCL memungkinkan Anda untuk mengirim barang dalam jumlah kecil karena memiliki sistem shared storage, di mana Anda akan berbagi ruang dengan barang kiriman milik orang lain. Dengan menggunakan jalur ini, Anda dapat lebih berhemat karena biaya pengirimannya pun jauh lebih murah.

4. Setelah kesepakatan dibuat dan pembayaran dilakukan, pihak supplier akan mengirimkan barang Anda ke gudang jasa ekspedisi yang berada di China.

Baca Juga  5 Kemudahan Kirim Barang Jakarta-Medan Dengan ATS Indonesia

5. Selanjutnya tim ekspedisi akan mengirimkan barang Anda ke gudang di Indonesia menggunakan kapal. Biasanya waktu pengiriman membutuhkan sekitar lima hingga enam minggu sampai barang tiba di Jakarta. Anda juga bisa melacak posisi barang Anda menggunakan fitur live tracking yang disediakan oleh pihak ekspedisi.

6. Setelah sampai di Indonesia, Anda membutuhkan surat izin pengeluaran barang dari pihak bea cukai untuk mengambil barang Anda. Namun karena prosesnya yang cukup rumit dan memakan waktu, Anda bisa menggunakan layanan customs clearance yang disediakan oleh tim ekspedisi. Mereka akan membantu Anda untuk mengurus proses administrasi dan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan agar barang kiriman Anda bisa diloloskan.

7. Setelah bea cukai memberikan surat izin pengeluaran barang, selanjutnya Anda bisa memilih dua opsi. Opsi yang pertama adalah mengambil barang Anda secara langsung ke gudang jasa ekspedisi yang ada di Jakarta, dan opsi yang kedua adalah menggunakan jasa layanan door to door. Dengan jasa layanan ini, Anda tidak perlu repot-repot mengurus pengambilan barang, karena tim ekspedisi akan langsung mengirimnya ke alamat tujuan Anda.

8. Jika ternyata ada barang yang hilang atau rusak selama proses pengiriman, tidak perlu khawatir. Karena setiap barang yang dikirim sudah diasuransikan terlebih dahulu, sehingga sangat terjamin keamanannya.

 

Itu dia alur mengimpor barang dari China menggunakan jasa ekspedisi. Tidak sulit, bukan? Kini Anda tidak perlu lagi merasa kebingungan dengan bea cukai saat akan mengirim barang dari China. Dengan jasa customs clearance yang profesional serta berpengalaman, proses impor barang pun jadi terasa mudah dan tanpa perlu ribet.

» Lihat Layanan : Customs Clearance Service

Baca Juga  Bisnis Melalui Impor China, Peluang Usaha yang Menjanjikan