skip to Main Content
Ekspedisi, Logistik & Cargo: Kenali Perbedaan Utamanya

Ekspedisi, Logistik & Cargo: Kenali Perbedaan Utamanya

Ekspedisi, logistik, dan cargo merupakan istilah yang sama-sama sering digunakan dalam dunia pengiriman barang, baik itu untuk skala domestik maupun internasional. Kebanyakan orang awam yang belum pernah terlibat langsung dengan kegiatan mengirim barang mungkin akan mengira bahwa ketiga istilah tersebut memiliki makna yang sama, padahal sebenarnya tidak. Bagaimanapun, dunia pengiriman barang memang memiliki beragam istilah yang rumit, yang dapat membuat orang menjadi bingung. Nah, untuk mengetahui perbedaan utama ekspedisi, logistik, dan cargo, baca terus penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Jasa Ekspedisi?

Jasa ekspedisi merupakan layanan pengiriman barang yang disediakan oleh perusahaan pengiriman, baik itu melalui jalur darat, laut, maupun udara. Jasa ini banyak digunakan oleh para penjual online di mana mekanisme pembelian dilakukan secara digital melalui platform e-Commerce. Dengan bantuan jasa ekspedisi yang mendukung layanan pengiriman nasional, para pemilik bisnis online dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, bahkan hingga ke luar pulau sekalipun.

Apa Itu Jasa Logistik?

Sama seperti jasa ekspedisi, perusahaan logistik juga menyediakan layanan pengirim barang. Namun yang membuatnya berbeda adalah jasa logistik juga menawarkan layanan lainnya yang lebih lengkap, yaitu jasa pergudangan, pengepakan, cold storage, aramada truk, dan berbagai jasa lain yang mencakup setiap aspek dalam rantai pasokan. Di dalam dunia bisnis, jasa logistik memainkan peran penting untuk mengelola perpindahan inventori dari satu titik ke titik lain seefektif dan seefisien mungkin agar perusahaan pelanggan dapat beroperasi dengan lancar dengan cara yang lebih hemat biaya.

Apa Itu Jasa Cargo?

Jasa cargo adalah layanan pengiriman yang berfokus pada pengiriman barang dalam skala besar dengan menggunakan kontainer. Tidak seperti jasa ekspedisi yang hanya menerima pengiriman barang bervolume kecil, jasa cargo memungkinkan seseorang untuk mengirimkan barang dalam jumlah yang banyak sekaligus, baik itu melalui jalur darat, laut, maupun udara. Selain sering digunakan oleh pemilik bisnis yang ingin memindahkan inventori dari satu gudang ke gudang lainnya, beberapa jasa cargo juga biasanya menawarkan layanan pengiriman barang dari dan ke luar negeri.

Baca Juga  6 Jenis Pengemasan Barang Pada Ekspedisi Domestik & Internasional

Apa Perbedaan Utama di Antara Ketiganya?

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, tentu Anda bisa menilai bahwa baik itu jasa ekspedisi, logistik, dan cargo sama-sama menyediakan layanan pengiriman barang. Namun lebih dari itu, kebutuhan dan mekanisme masing-masing layanan berbeda antara satu sama lain. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah perbedaan utama jasa ekspedisi, logistik, dan cargo.

  1. Jasa Ekspedisi
    Jasa ekspedisi lebih banyak menerima pengiriman dengan volume kecil hingga sedang, karenanya menjadi pilihan populer bagi individu atau pemilik bisnis yang menjual barang mereka melalui platform e-Commerce. Selain itu, layanan ini juga tersedia untuk pengiriman domestik, mulai dari pengiriman satu kota, luar kota, hingga ke pulau yang berbeda.
  1. Jasa Logistik
    Jasa logistik menawarkan sistem pengiriman barang yang lengkap, yang mencakup proses pergudangan, penjemputan, pengepakan, hingga pemindahan barang ke lokasi tujuan. Dengan kata lain, tugas utama mereka adalah untuk menerima, memproses, menyimpan, dan mengirim inventaris perdagangan. Itu sebabnya, perusahaan logistik sering juga disebut sebaga pihak ketiga dan jasa ini banyak digunakan oleh perusahaan menengah hingga besar yang belum memiliki gudang sendiri.
  1. Jasa Cargo
    Jasa cargo khusus menerima pengiriman barang bervolume besar saja, dan biasanya tersedia untuk pengiriman domestik maupun internasional. Pemilik bisnis yang ingin mengirim barang dari satu titik ke titik lainnya perlu mengeluarkan biaya yang mahal jika menggunakan jasa ekspedisi, karenanya layanan cargo menjadi pilihan yang lebih hemat dan efektif. Jasa ini biasanya banyak digunakan oleh pebisnis berksala besar hingga menengah yang sudah mempunyai gudang sendiri, namun belum memiliki alat transportasi yang andal untuk mengirim barang inventarisnya.

Sejak beberapa tahun belakangan, bisnis pengiriman barang terus meningkat karena tingginya permintaan. Oleh sebab itu, membuka bisnis ini bisa menjadi peluang usaha menjanjikan yang dapat menghasilkan banyak prospek. Namun sayangnya, membeli armada trucking dan aset bisnis lainnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Baca Juga  5 Hal Penting Saat Menyewa Truk Kontainer

Maka dari itu, bagi Anda yang merasa tertarik untuk memiliki bisnis pengiriman barang sendiri, ATS Indonesia menawarkan kerja sama kemitraan dengan Anda untuk membuka bisnis ekspedisi, logistik, dan cargo. Kemitraan dari kami dapat membantu Anda untuk memulai bisnis pengiriman barang dengan modal dan biaya operasinal yang lebih hemat. Dengan menggunakan sistem autopilot, mulai dari supir, order harian, lahan parkir, servis tahunan, hingga perpanjangan dokumen akan ditangani seluruhnya oleh pihak kami.

Jika ada pertanyaan atau ingin mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi kontak customer service kami di nomor 0811-8111-717 atau kunjungi halaman Kerjasama ATS