skip to Main Content
5 Hal Penting Saat Menyewa Truk Kontainer

5 Hal Penting Saat Menyewa Truk Kontainer

Jika Anda berencana untuk mengirimkan barang dari luar negeri menggunakan jalur laut, maka Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan, yaitu menggunakan metode LCL dan FCL. Seperti namanya, LCL merupakan metode pengiriman di mana Anda akan saling berbagi ruang kontainer dengan pengirim lainnya. Sedangkan FCL adalah metode pengiriman di mana Anda menyewa satu ruang kontainer penuh hanya untuk barang kiriman Anda saja.

Baik itu metode LCL maupun FCL, tentu keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Untuk menemukan metode pengiriman mana yang paling tepat bagi Anda, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu.

1. Biaya

Jika membandingkan masalah biaya, tentunya metode FCL lebih mahal ketimbang metode LCL karena Anda diharuskan untuk menyewa satu ruang kontainer penuh. Sedangkan metode LCL terhitung jauh lebih murah, karena Anda diperbolehkan untuk menyewa satu kontainer dengan pengirim lainnya, sehingga pengiriman jenis ini sangat cocok dan dapat disesuaikan dengan anggaran bagi Anda yang ingin mengirimkan barang dalam skala kecil.

2. Volume

Karena Anda diharuskan menyewa satu kontainer penuh, pengiriman menggunakan metode FCL sangat ideal bagi Anda yang ingin mengirimkan barang dengan volume lebih dari 10 CBM. Namun jika volume barang yang akan Anda kirim kurang dari 1 CBM, maka metode LCL merupakan pilihan yang paling sesuai karena Anda bisa berbagi ruang kontainer dengan pengirim lainnya.

3. Kecepatan

Biasanya pengiriman menggunakan metode LCL memakan waktu lebih lama daripada metode FCL. Hal ini dikarenakan Anda harus menunggu barang milik pengirim lainnya sebelum kontainer bisa diberangkatkan. Proses tersebut dapat mencakup menyortir, membongkar, memuat, atau memisahkan barang kiriman milik banyak pengirim.

4. Keamanan

Kendati LCL mengharuskan Anda berbagi ruang kontainer dengan pengirim lainnya tidak lantas membuat metode ini jadi tidak aman dibanding FCL. Hal ini dikarenakan pihak ekspedisi biasanya akan memberikan garansi, sehingga setiap barang yang dikirim selalu terjamin keamanannya. Apabila terjadi kerusakan atau barang hilang selama proses pengiriman berlangsung, Anda dapat meminta klaim ganti rugi kepada jasa kirim yang Anda gunakan.

Baca Juga  Tata Cara dan Prosedur Umum Untuk Impor Barang ke Indonesia

5. Ketersediaan

Selama periode sibuk seperti Tahun Baru Lunar atau hari libur nasional China, seringnya pengiriman menggunakan metode FCL jauh lebih sulit untuk didapat. Karena itu, pada saa-saat seperti ini, biasanya penggunaan metode LCL merupakan opsi pengiriman terbaik yang bisa Anda pilih.

 

Berdasarkan penjelasan di atas, tentu anda bisa melihat bahwa baik metode LCL maupun FCL memiliki kelebihan masing-masing. Dan jika didasarkan pada kondisi tertentu, sebenarnya kedua jenis pengiriman tersebut juga sama-sama bisa menjadi solusi terbaik, tergantung pada situasi dan kebutuhan pengiriman Anda.

Jika Anda ingin mengirim barang dalam jumlah yang banyak, maka pengiriman menggunakan metode FCL merupakan opsi yang paling sesuai. Sedangkan Jika Anda mengirim dalam jumlah yang sedikit, tentu metode LCL menjadi pilihan paling efektif dan efisien, karena memakan biaya pengiriman yang jauh lebih ekonomis.

Untuk Anda yang ingin menggunakan jasa pengiriman container jakarta, anda bisa menghubungi PT Agung Trans Sejahtera (ATS) yang telah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun